Minggu, 21 September 2014

Kisah hidup


Sering banget dapet pertanyaan " Kenapa pindah? " sebenernya simpel jawaban yang gue jawab.
" pilihan hidup :D ". Gue bahagia kok dengan pilihan hidup gue sekarang, gak nyesel pindah kampus. Kalo kita tau hidup itu resiko, yaudah ngapain dipermasalahkan, satu kunci hidup gue bahagia, ya bersyukur. 
Ambil aja hikmah-hikmah yang sudah terjadi.

Nah, gue mau cerita perjuangan gue masuk Psikologi UHAMKA.
Waktu gue galau dan inget QS. Ar rad : 11. Gue bangkit dari tempat tidur, bersih-bersih dan mandi. Rencananya gue mau ke YARSI nyari inspirasi sama temen-temen di kampus. Tiba-tiba gue ngeliat adek gue yang rapih dan juga mau pergi, ketika gue tanya dia mau ke kampusnya, entah kenapa dari mulut gue terucap kata "ikut!". Walaupun kata Sofi dia mau rapat sama temen-temen organisasinya, tetep gue mau ikut. Gue mau lihat psikologi UHAMKA. 
Sepanjang perjalanan cukup memberikan emosi jiwa, karena perjalanan dari rumah ke kampus UHAMKA udah kaya ke luar kota, berangkat jam 9.30 an nyampe sana jam 12 an. Dari situ gue mengakui bahwa sofi keren, dia wanita tangguh yang sangat bersabar dalam perjalanan.Oke baiklah lanjut ceritanya ketika gue sampe kampus UHAMKA, Sofi ke temen-temen organisasinya sedang gue celingak-celinguk nyari inspirasi, gue maen-maen ke fakultas psikologi, dan tertarik. Saat itu juga gue ke ruang pendaftaran dan langsung beli formulir, Alhamdulillah uang bulanan gue mencukupi buat beli formulir. Kata penjaga pendaftarannya, kalo kamu rata-rata raport semster 5 atau 6 di SMA kamu 8, kamu gak usah ikut test dan dapet BPOP Rp. 750.000,- . Akhirnya gue berniat gue bakal balik lagi besoknya. Sambil nungguin Sofi selesai rapat gue memutuskan untuk ke toko buku dan janjian di plaza blok m. Tiga jam akhirnya nungguin Sofi sambil nyari inspirasi. Sebelumnya, gue berpikir lebih baik transkip nilai, tapi pas gue searching di web psikologi UHAMKA nya, matakuliah psikologi YARSI dan UHAMKA beda jauh. Setelah memantapkan hati akhirnya gue memilih untuk mengulang lagi dari awal, agar ilmuya makin nempel. :D
Karena fokus gue ada tiga dalam mengembangkan skill gue, gue berniat buat melatihnya pertama fokus di kuliah psikologi, ikut seminar-seminar berbau psikologi, pengembangan diri, dan yang berhubungan dengan wanita dan perbaiki diri untuk masa depan. Kedua di dunia kepenulisan dan yang ketiga adalah bahasa inggris. Entah kenapa pas perjalanan pulang tiba-tiba gue sama sofi daftar di tempat les, namanya ILC. PD banget deh kita ngomong bakal ngambil program yang 6 bulan sekaligus tanpa izin ke ummi abi dulu. Apalagi gue yang super duper PD udah daftar UHAMKA, tempat les bahasa inggris pula tanpa sepengetahuan ummi dan abi dulu. Ya, kalo gue sih Bismillah, karena gue yakin ummi sama abi itu pasti bakal dukung banget sama dunia pendidikan anak-anaknya, asal anak-anaknya bertanggung jawab dan mandiri. Sesampainya gue dirumah gue sama sofi diskusi sama ummi dan abi. Alhamdulillah ummi sama abi ngizinin. Besoknya lagi gue ke kampus UHAMKA dan tempat les ILC buat ngurus-ngurus pendaftaran, besoknya lagi gue ngurus pengunduran diri di YARSI, besoknya lagi gue ngurus pendaftaran ulang di UHAMKA. Sampe-sampe orang penjaga pendaftaran bilang ke gue " kamu sendiri? Gak ditemenin sama orang tua atau temen?" terus gue bilang aja sambil senyum " Enggak " terus kata bapaknya " wihhh, berani " terus gue senyum dan dalam hati gue bilang " emang kenapa kalo gue sendiri? mandiri kan gue". Setelah seminggu setelahnya gue nyari kos-kosan sama temen gue namanya Meni, sampe ketemu adek kelas gue di Al Kahfi dan Yarsi namanya Ami dan gue sama Meni nginep. Sampai pada akhirnya gue besoknya ditemenin Ami dan mama nya nyari kos -kos an. Tapi sayangnya, gue udah muter-muter tapi kos san nya penuh, akhirnya gue bakal nyari lagi pas masuk kuliah sendiri. ( Makasih Meni, Ami, mama Ami ).
Hari H masuk perdana kuliah, gue yang gak tau apa-apa sok kenal sok deket sama orang, itu karena gue gak ikut PEKA sama MASTA ( semacem ospeknya, cuman kata ummi, sama sofi yang kuliah disana aja nyaranin gak usah ikut karena gak wajib, dan yang paling berpengaruh itu ODI ).
Gue kira gue bakal telat datengnya, ternyata mulai kuliahnya jam 13.00 dari situ gue ya duduk-duduk sambil SKSD cari informasi, pas gue duduk dan nyapa orang-orang yang jalan gue manggil sosok perempuan yang menurut gue itu akhwat banget, kerudungnya panjang, dengan PD nya gue bilang " Assalamu'alaikum kak, aku MABA. Kenalan dong, nama aku Sarah. Nama kakak siapa? ". Gue heran itu orang kok malah senyum, terus dia bilang " Hai Sarah, kamu MABA? aku juga MABA lohhh.. yeeeeh asik dapet temen nama aku uty". Oke disitu gue punya kenalan, akhirnya kita kemana-mana bareng. Oiya sebelumnya gue kan kenalan sama temen-temen MABA psikologi di medsos, jadi gue sempet janjian gitu. Buat bareng namanya Wika. Gue sama uty nunggu kenalan gue di medsos namanya Wika, dia dateng juga. Ternyata Alhamdulillah banget gue, Uthy sama Wika sama-sama satu kelas, kelas 1C, dan u know what? Uthy itu juga pindahan sama kaya gue, dia anak kesehatan masyarakat 2012 di Makasar. Pas gue bilang mau ngekos dan gak dapet kos san. Tiba-tiba dia bilang ada yang kosong di kos san nya dia, saat itu juga gue ke tempat kos an dan daftar kos. 
Sepanjang hari, gue bahagia banget karena Allah selalu ngasih hadiah gue yang gak diduga-duga, gue banyak banget bersyukur. Ternyata cukup lumayan banyak pindahan di kelas gue, ada Opi, ada juga namanya kak Yanti dia anak 2008 malah. Ah bahagia banget gue, ternyata gue gak sendiri banyak yang senasib kaya gue. 
Kata dosen gue, kita mahasiswa harus banyak baca dan nulis. Karena di fakultas gue itu pake kurikulum baru, maka sistem perkuliahannya gak ada UTS dan UAS, yang ada tugas Paper, nulis, nulis, nulis, presentasi, keaktifan di kelas. Ya Allah... Rasa syukur yang tertumpah karena begitu melekat perkuliahan sekarang dengan passion seorang Sarah Fitria. 
Oiya, kebiasaan gue setiap hari kalo di kampus selain aktif di kelas perkuliahan, gue sama temen-temen gue sering ke perpustakaan,baca, nulis, ikut ODOL, programnya himawati, nyari inspirasi dan ikut-ikut seminar tentang psikologi dan pengembangan diri.
Yap, tepatnya gue sedang memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik, mengejar cita dengan sabar dan syukur, sekali lagi... Terimakasih Allah :'D

Jangan nyerah, bergeraklah walau perih dan duri. Bertahan dan bersabarlah akan ada titik terang rencana indah yang Allah beri :)






( Sepertiga kawan perjuangan , Sebelah Kiri: Este, Gue, Wika, Uthy. Opie, Mawar, Rhodiyah)


@sar_fit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar