Selasa, 18 Desember 2012

penghapal qur'an?

- 1. Diantara keutamaan berinteraksi dengan Al Quran terutama menghapalnya adalah menjadi keluarga dan hamba Allah yang memiliki kedudukan istimewa di hadapanNya. „Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, „Siapakah mereka ya Rasulullah?“ Rasul menjawab, „Para ahli Al Quran. Merekalah keluarga Allah dan pilihanNya. “ (HR. Ahmad)

- 2. Dimudahkan untuk memahami ajaran Islam. Karena seorang penghapal Al Quran, apalagi bila ia memahami maknanya, sudah tentu ia akan mudah mempelajari hadist. Karena hadist dan Al Quran sama-sama menggunakan bahasa Arab. Mudah pula mempelajari fiqih, karena hukum-hukum Islam bersumber dari Al Quran.

- 3. Kenikmatan di dunia dan akhirat. Dekat dengan Al Quran melahirkan ketenangan dalam hidup, karena Al Quran akan menjaga seseorang dari perbuatan yang tidak diridhoi Allah. Rumah tangga dimana hati para penghuninya senantiasa dihiasi dengan akhlakQuraniakan menghadirkan ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup mereka. „Sebaik –baik kalian adalah yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya.“ (HR. Muslim)

- 4. Di akhirat nanti Al Quran akan menjadi penolong bagi para penghapalnya. Dari Abi Umarah ra, ia berkata, „Aku mendengar Rasulullah bersabda, “Bacalah olehmu Al Quran, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafaat pada hari kiamatbagi para pembacanya (penghapalnya) .“ (HR. Muslim)

- 5. Mendapat penghargaan khusus dari Rasulullah. Penghargaan yang pernah diberikan Rasulullah kepada para sahabat penghapal Al Quran adalah perhatian khusus pada para syuhada Uhud yang hapal Al Quran, yakni Rasulullah mendahulukan pemakamannya. Adalah Nabi mengumpulkan diantara dua orang syuhada Uhud, kemudian beliau bersabda, „Manakah di antara keduanya yang lebih banyak hapal Al Quran?, ketika ditunjuk kepada salah satunya, maka beliau mendahulukan pemakamannya di liang lahat.“ (HR. Bukhari)

- 6. Menghormati hafidz berarti pula mengagungkan Allah. Sesungguhnya termasuk mengagungkan Allah menghormati orangtua yang muslim, penghapal Al Quran yang tidak melampaui batas (dalam mengamalkan dan memahaminya) dan tidak menjauhinya (enggan membaca dan mengamalkannya) dan penguasa yang adil.“ (HR. Abu Daud)

- 7. Tajul Karamah (mahkota kemuliaan) bagi para penghapal Al Quran. Mereka akan dipanggil, Mereka akan dipanggil, ”Dimana orang-orang yang tidak terlena oleh mengembala kambingdari membaca kitabKu? Maka berdirilah mereka dan dipakaikan kepada salah seorang mereka mahkota kemuliaan, diberikan kepadanya kesuksesan dengan tangan kanan dan kekekalan dengan tangan kirinya.” (HR. At Tabrani)

- 8. Kemuliaan bagi orangtua para hafidzQuran. “Siapa yang membaca Al Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahayanya seperti cahaya matahari dan kedua orangtuanyadipakaik an dua jubah (kemuliaan) yang tidak pernah didapatnya di dunia. Keduanya bertanya, “Mengapa kami dipakaikan jubah ini?” Dijawab, ”Karena kalian berduamemerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al Quran.” (HR. Al Hakim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar